Ekormurai – 5 Tips Perawatan Burung Ciblek Pada Masa Mabung 

Burung ciblek adalah salah satu jenis burung yang sering digemari oleh para pencinta burung. Masing-masing memiliki ciri khas yang akan membuat Anda jatuh cinta, seperti warna bulunya yang indah, bunyi yang merdu, dan juga karakternya yang mudah dilatih. Namun, Anda harus lebih cermat dalam memelihara burung ciblek ini, terutama saat masa mabung. Berikut ini adalah 5 tips perawatan burung ciblek pada masa mabung yang perlu Anda ketahui.

5 Tips Merawat Burung Ciblek Saat Mabung – Ciblek merupakan burung lokal bertubuh kecil yang kini semakin laris dan ramai di pasaran burung. Maka tak heran mengapa saat ini harga ciblek di pasaran terus meningkat dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Suaranya yang kencang atau istilahnya keras dan agresif menjadi alasan utama peminat ciblek semakin banyak. Ciblek bisa dijadikan burung master untuk berbagai burung kicau lainnya. Mabung atau molting ciblek merupakan fenomena dan kejadian yang umum terjadi. Semua burung akan mengalami masa mabung atau molting. Maka dari itu, sebagai pemilik, Anda dituntut untuk lebih memperhatikan momen-momen tersebut, agar proses mabung selesai dengan cepat dan sukses.
Kita tahu bahwa jika ciblek selesai berganti bulu maka ciblek akan terlihat lebih baik dan bahkan dalam kondisi prima. perlu sobat ketahui karena umumnya pada saat burung mabung akan muncul perubahan psikologis pada burung tersebut, terutama burung di dalam sangkar. Cara merawat ciblek mabung tentunya tidak dilakukan sembarangan, karena agar burung lebih nyaman kita harus bisa merawat burung ini dengan baik. Jika salah dalam hal perawatan, bisa jadi burung jadi suka lompat dan suaranya jadi tersendat-sendat. Masalah ini tentunya tidak boleh dianggap remeh, apalagi jika Anda memiliki dan memelihara burung yang sering digunakan dalam perlombaan. Agar tidak salah dalam hal perawatan, berikut 5 Tips Merawat Burung Ciblek Saat Mabung :

http://miefbird.blogspot.com/2016/09/5-tips-perawatan-bird-ciblek-pada.html
5 Tips Merawat Burung Ciblek Saat Mabung

5 Tips Merawat Burung Ciblek Saat Mabung

1. Memberi Makan Ciblek

Cara merawat ciblek mabung yang pertama adalah pemberian pakan burung. Anda bisa memberinya makanan tambahan, misalnya ulat atau kroto atau yang lainnya. Untuk pemberian makan ini sebaiknya jangan dilakukan terlalu sering atau sesekali. Oleh karena itu, Anda dapat memberi makan burung lebih banyak dari biasanya untuk meminimalkan gangguan. Cara merawat ciblek mabung dalam hal perawatan ini sebaiknya dilakukan 3 kali dalam seminggu.

2. Pemberian vitamin dan suplemen

Cara mengatasi mabung ciblek selanjutnya adalah dengan pemberian vitamin dan suplemen. Seperti yang kita ketahui, saat burung ciblek sedang mabung kondisi tubuhnya sedang tidak stabil sehingga membutuhkan makanan bergizi seperti suplemen dan vitamin sebagai makanan pendampingnya. Dengan terlalu banyaknya energi yang terkuras saat mabung, membuat kita perlu menyediakan makanan lebih banyak.

3. Memakai Kerodong

Saat burung ciblek sedang mabung, sebaiknya kandang ditutup dengan memakai kerodong. Cara merawat ciblek mabung bisa dilakukan dalam waktu yang cukup lama kecuali pada saat memberikan pakan dan mengganti air. Hindari kandang yang kotor agar burung tidak mudah terserang penyakit berbahaya. Namun, jika Anda memiliki bentuk kandang khusus yang alasnya dapat dilepas dan dibuka, tentunya akan memudahkan Anda untuk membersihkan kandang tanpa harus membuka kandang.

4. Perawatan rutin

Saat burung sedang mabung, tidak membutuhkan perawatan rutin yang ketat. Pastikan Anda hanya memandikan ciblek seminggu sekali atau mungkin sekitar 10 hari sekali.

5. Tahap Penguasaan

Cara merawat ciblek mabung selanjutnya adalah tahap mastering atau paste. Saat mabung, ciblek atau jenis burung lainnya umumnya lebih mudah menerima suara tuannya. Biasanya mereka juga lebih mudah menerima ingatan. Oleh karena itu, Anda dapat memberikan input suara tambahan atau tahapan penguasaan biasa.

Baca juga:

– Cara Merawat Ciblek Biar Gacor & Ngebren.
– Meningkatkan Volume Suara Ciblek untuk Kristal.
– Pakan Ramuan Biar Ciblek Gacor.

Itulah beberapa cara merawat burung ciblek pada masa mabung. Cara-cara diatas bisa anda lakukan untuk mengatasi ciblek kesayangan anda saat mabung agar burung kembali seperti semula. Pastikan untuk tidak terlalu menekannya karena ciblek bisa stres dan macet.

merawat ciblek agar kencang, merawat ciblek mabung, ciblek mabung tidak tuntas, merawat ciblek mabung om kicau, ciblek mabung tidak tuntas, ciblek mabung dulu, cara ciblek cepat mabung, ”merawat ciblek jadi yang rajin bunyi, merawat ciblek mabung, ciblek mabung tidak tuntas, perawatan ciblek mabung, ciblek mabung tidak tuntas, ciblek mabung pertama, cara ciblek cepat mabung.

Demikian artikel mengenai 5 Tips Merawat Burung Ciblek Saat Mabung, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini melalui Facebook, Twitter, dan Google+ melalui tombol share di atas ini.

  • 5 Tips Perawatan Burung Ciblek Pada Masa Mabung 
  • Dengan mengikuti langkah-langkah perawatan di atas, Anda dapat memastikan bahwa burung ciblek Anda tetap sehat dan akan segera berkicau kembali. Jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan burung ciblek Anda agar ia tetap merasa nyaman dan terhibur. Selamat berburung!

    FAQ Tentang 5 Tips Perawatan Burung Ciblek Pada Masa Mabung 

    1. Bagaimana cara membuat burung ciblek merasa nyaman selama masa mabung?
    R: Berikan burung ciblek tempat yang aman dan bersih untuk bersantai. Usahakan untuk menyimpan makanan dan minuman yang segar di dekatnya, dan jadikan lingkungannya yang tenang dan tenang.

    2. Apakah yang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan burung ciblek?
    R: Pastikan untuk menyemprot burung ciblek dengan air setiap hari untuk membersihkan bulunya, dan juga untuk memastikan bahwa kandangnya bersih dari kotoran dan debu.

    3. Apakah makanan yang direkomendasikan untuk burung ciblek saat masa mabung?
    R: Berikan makanan yang kaya akan protein seperti ikan, kacang-kacangan, dan sayuran. Juga, pastikan untuk memberikan burung ciblek cukup air.

    4. Bagaimana cara membuat burung ciblek tetap aktif selama masa mabung?
    R: Berikan burung ciblek banyak waktu untuk bermain di luar kandang dan masukkan mainan ke dalam kandang. Ini akan membuatnya tetap aktif dan menghilangkan kebosanan.

    5. Apakah cara yang tepat untuk membersihkan kandang burung ciblek?
    R: Bersihkan kandang burung ciblek dengan air dan sabun untuk memastikan bahwa kandangnya bersih. Pastikan untuk mengganti seluruh pasir di kandang setiap minggu.