Ekormurai
FUNGSI KERODONG PADA BURUNG MURAI BATU
Burung Murai Batu menjadi salah satu burung terpopuler di Indonesia. Burung ini memiliki keindahan yang memikat dan juga kicauan yang merdu. Untuk menjaga kualitas suara yang dimilikinya, para pecinta Murai Batu seringkali menggunakan kerodong pada burung tersebut. Namun, tahukah kamu apa sebenarnya fungsi kerodong pada burung Murai Batu? Pada artikel ini, kita akan membahas secara lengkap tentang fungsi kerodong pada burung Murai Batu.

FUNGSI KERODONG PADA BURUNG MURAI BATU

Fungsi kerodong pada murai batu pada awalnya hanyalah untuk menjaga kehangatan murai batu di musim hujan atau di malam hari tetapi karena manfaat kerodong memiliki manfaat lain yang baik bagi kesehatan burung murai batu maka penggunaan kerodong menjadi kebiasaan bagi para pemilik murai batu dalam merawat burung kesayangannya
Gambar kerodong untuk burung murai batu

PROSES ADAPTASI

Berguna bagi anda yang baru membeli Murai Batu liar (penangkapan hutan) yang sifatnya belum jinak atau masih giras, dengan pengerodongan dapat membuat Murai Batu tersebut secara perlahan menjadi lebih tenang. Caranya, kandang terlebih dahulu dikerodong menggunakan kain yang gelap secara keseluruhan, kemudian dalam proses yang bertahap, kerodong dapat diganti dengan warna yang lebih transparan (tembus cahaya), tujuannya membiasakan Murai Batu beradaptasi pada lingkungan yang baru dan menjadi lebih jinak.

GANGGUAN SERANGGA

Nyamuk, dan jenis serangga yang berbahaya lainnya tidak dapat masuk guna menggigit atau menyerang Murai Batu. Dengan pengerodongan, Murai batu terlindungi dari serangan serangga pengganggu. Pada kasus ini, pengerodongan dilakukan secara menyeluruh pada bagian kandang, tepatnya di malam hari.

KONDISI PRIMA

Beberapa penghobi yang ingin melombakan Murai Batu mereka, biasanya akan melakukan pengerodongan. Hal itu bertujuan membuat Murai Batu dalam suasana yang tenang dan santai. pengerodongan akan membuat Murai Batu dalam kandang tidak mudah terpancing naik birahi dengan melihat pengaruh-pengaruh dari luar yang akan menguras banyak tenaga.

PROSES MASA MABUNG

Masa mabung adalah masa pergantian bulu cindil menuju bulu dewasa. Pada proses mabung Murai Batu dalam kondisi yang tinggi birahi, dan juga sensitif pada tingkat stres yang tinggi pula. pengerodongan akan memberikan kenyamanan proses mabung Murai Batu, karena tidak terganggu faktor lain, dan terutama akan membuat tidak beterbangannya bulu Murai Batu yang berjatuhan, yang mana bulu-bulu beterbangan tersebut dapat menunda proses mabung Murai Batu.

KONDISI MENTAL

Fungsi pengerodongan ini juga berguna pada Murai Batu yang belum dewasa dan masih memiliki mental tarung yang lemah. di masa ini Murai Batu diusahakan untuk tidak berhadapan secara langsung dengan Murai Batu dewasa atau yang memiliki jiwa tarung yang tinggi, karena dapat menimbulkan cacat mental.

AGAR TIDAK STRES

pengerodongan sangat berguna apabila Murai Batu ingin dipindahkan dalam satu tempat ke tempat yang lain, apalagi dengan jarak atau perjalanan yang cukup jauh. Dengan pengerodongan, menjaga kondisi Murai Batu agar tetap tenang dan aman, serta menjaga agar Murai Batu tidak mudah capek atau kelelahan dalam perjalanan tersebut.

http://infomurai.blogspot.com/2015/01/fungsi-kerodong-pada-burung-murai-batu.html
Gambar kerodong untuk burung murai batu

disarikan dari 


Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kerodong pada burung murai batu memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan kualitas suara burung. Selain itu, kerodong juga dapat membantu menjaga kestabilan hormon burung murai batu dan membuatnya lebih tenang saat dipelihara. Oleh karena itu, sebagai pemilik burung murai batu, Anda sebaiknya tidak mengabaikan penggunaan kerodong pada burung Anda agar burung Anda senantiasa sehat dan dapat menghasilkan suara yang merdu saat berkicau.

Cari tahu tentang berbagai macam informasi tentang burung murai dan lainnya di ekormurai.com