Ekormurai.com – Bonsai, adalah seni memanipulasi pohon yang ditanam dalam sebuah wadah kecil untuk membuat miniatur pohon yang menarik. Bonsai berasal dari bahasa Jepang, “bon” yang artinya wadah atau pot, dan “sai” yang berarti pohon. Awalnya, seni bonsai hanya dikenal di Jepang, namun kini semakin populer di seluruh dunia. Banyak orang tertarik untuk membuat bonsai karena bentuknya yang cantik dan unik, serta memiliki nilai seni dan spiritual yang tinggi. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat bonsai yang dapat diikuti oleh para pemula dan penggemar bonsai yang ingin memulai hobi mereka.

Cara Buat Bonsai

Bonsai adalah seni menumbuhkan pohon dalam ukuran kecil dengan menggunakan teknik pemangkasan dan pembentukan ranting sehingga terlihat seperti pohon besar yang jauh lebih tua. Bagi penggemar tanaman, membuat bonsai dapat menjadi hobi yang menarik. Berikut adalah cara membuat bonsai:

1. Siapkan Pohon yang Cocok untuk Dijadikan Bonsai

Untuk membuat bonsai, Anda harus berpikir memilih pohon yang tepat. Ada beberapa jenis pohon yang cocok untuk dijadikan bonsai, seperti beringin, maple, dan pinus. Pastikan Anda memilih pohon dengan batang yang berbentuk indah dan banyak cabang.

2. Potong Akar dan Pangkal Batang

Setelah memilih pohon yang akan dijadikan bonsai, langkah selanjutnya adalah memotong akar dan pangkal batang. Memangkas akar akan membatasi pertumbuhan pohon. Ini akan memungkinkan akar lebih banyak menyerap nutrisi. Pangkasan batang juga penting untuk membentuk cabang dan ranting.

3. Bentuk Batang dan Cabang

Setelah memangkas batang dan cabang, Anda perlu membentuk batang dan cabang agar sesuai dengan bentuk pohon yang diinginkan. Ini adalah bagian yang sulit dari pembuatan bonsai. Anda harus memikirkan setiap gerakan dan menyesuaikan batang dan cabang sedemikian rupa sehingga menjadi bonsai yang indah.

4. Tanam Pohon

Setelah bentuk yang diinginkan tercapai, tanam pohon di dalam pot dan tuangkan tanah yang telah dicampur pupuk. Pastikan tanah selalu lembab dan terhindar dari sinar matahari yang langsung.

5. Pemeliharaan

Terakhir, bonsai harus dirawat dengan baik. Anda harus memeriksa tingkat kelembaban tanah secara teratur, dan memangkas cabang dan ranting pada saat yang tepat. Selain itu, bonsai juga perlu diberi pupuk secara teratur agar tetap sehat dan indah.

Gambar Pohon Bonsai

Sumber gambar: https://tse1.mm.bing.net/th?q=Bonsai&id=eeaa5fa6edeb2a131a618ae28049a462&pid=Api

Cara Buat Bonsai

Bonsai merupakan seni taman yang berasal dari Jepang dan diperkenalkan ke seluruh dunia sejak abad ke-19. Nama latinnya adalah “Buxus Sempervirens”, yang artinya tanaman semak abadi yang sangat bercabang. Cara buat bonsai bukanlah hal yang sulit, namun dibutuhkan keterampilan dan kesabaran yang lebih. Pohon bisai tercipta dari pengawetan sebuah tanaman, menjadi miniatur tanaman hias dengan tampilan yang unik dan menawan. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat bonsai:

1. Memilih bibit

Langkah pertama dalam cara membuat bonsai adalah dengan memilih bibit yang akan dijadikan bonsai. Ada beberapa jenis bibit dan spesies pohon yang dapat dijadikan bonsai seperti pohon cemara, pohon beringin, pohon palem, pohon maple, dan masih banyak lagi. Kriteria yang harus diperhatikan adalah penampilan yang baik, ukuran yang tepat, dan jenis yang tepat untuk iklim di tempat tinggal.

2. Pot dan media tanam

Setelah memilih bibit, langkah selanjutnya adalah menentukan pot dan media tanam. Pilihlah pot yang cukup besar untuk menampung akar dan tanah bonsai yang ditanam. Pot harus memiliki lubang di dasarnya untuk memudahkan sirkulasi udara. Sedangkan media tanam dapat dibuat sendiri atau juga dapat dibeli dari toko kebun terdekat. Media tanam harus memiliki kadar drainase yang baik, terair dan dapat memberikan nutrisi kepada tanaman.

3. Pemangkasan batang dan cabang

Setelah bibit ditanam dalam pot, langkah selanjutnya adalah memangkas batang dan cabang yang tidak diperlukan untuk menciptakan tampilan bonsai yang sesuai dengan keinginan. Memangkas cabang harus dilakukan dengan hati-hati dan sering dilakukan pada bagian yang sama untuk menghindari pertumbuhan cabang yang tidak sesuai.

4. Pemangkasan akar

Selain memangkas batang dan cabang, akar juga perlu dipangkas. Pemangkasan akar bertujuan untuk membuat akar yang cukup kecil untuk muat dalam pot. Pemangkasan akar harus dilakukan setiap 1-2 tahun sekali untuk menjaga keseimbangan antara akar dan atas tanaman.

5. Pemupukan dan penyiraman

Setelah seluruh tahap pemangkasan selesai dilakukan, bonsai membutuhkan pemupukan dan penyiraman untuk pertumbuhan dan keindahan yang lebih sempurna. Pemupukan dan penyiraman harus teratur dilakukan dalam jangka waktu tertentu, sesuai dengan jenis bonsai dan jenis media tanam yang digunakan.Dalam membuat bonsai, kesabaran dan disiplin adalah kunci keberhasilan. Tidak hanya proses pembentukan bonsai, proses merawatnya secara teratur tentunya juga sama pentingnya. Waktu dan usaha yang diinvestasikan pada bonsai akan terbayar dengan keindahan dan kesan yang diberikannya di lingkungan taman Anda. Kalau perlu berlanggsung selama berdekade, karena bonsai adalah karya seni hasil kerja keras yang luar biasa.

Terima Kasih Telah Membaca

Dengan mengetahui cara membuat bonsai yang mudah dan sederhana ini, semoga kalian dapat mempraktekannya dengan mudah di rumah. Ingatlah untuk memberikan waktu dan perawatan yang cukup agar bonsai kalian dapat tumbuh dengan sehat dan indah. Jangan lupa untuk selalu berkunjung kembali ke situs kami untuk artikel-artikel menarik lainnya seputar hidup hijau. Hingga jumpa lagi!