Ekormurai.com – Murai Bahorok, atau yang juga dikenal sebagai burung murai batu Sumatera, merupakan salah satu jenis burung yang sangat populer di Indonesia. Selain memiliki suara kicau yang merdu, burung ini juga memiliki penampilan yang menarik, sehingga banyak digemari oleh para penggemar burung kicau. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak fakta menarik lainnya mengenai Murai Bahorok yang patut untuk diketahui? Berikut ini adalah 10 fakta menarik lainnya tentang Murai Bahorok yang wajib Anda ketahui.

Murai Batu

10 Fakta Menarik Lainnya tentang Murai Bahorok yang Wajib Anda Ketahui

1. Spesies Burung Langka

Murai Bahorok atau dikenal juga dengan nama Murai Sumatra adalah spesies burung langka yang hanya dapat ditemukan di hutan-hutan Sumatra.

2. Habitat Asli

Murai Bahorok hidup di hutan-hutan dataran rendah Sumatra dengan ketinggian 200-800 meter di atas permukaan laut.

3. Terancam Punah

Populasi Murai Bahorok semakin menurun karena habitatnya yang terus terancam oleh aktivitas manusia seperti penebangan hutan dan perburuan.

4. Suara Kicauannya yang Merdu

Murai Bahorok memiliki suara kicauan yang merdu dan indah, sehingga banyak digemari sebagai burung kicauan.

5. Keindahan Warna Bulu

Bulu Murai Bahorok memiliki warna yang sangat indah dan menarik, yaitu biru kehijauan pada bagian punggung, kepala dan ekor, serta warna merah pada bagian perut dan dada.

6. Makanan Utama

Murai Bahorok memakan berbagai jenis serangga, buah-buahan, dan biji-bijian.

7. Durasi Hidup yang Panjang

Murai Bahorok memiliki durasi hidup yang panjang, yaitu mencapai 10-12 tahun dalam kondisi lingkungan yang baik.

8. Tidak Dapat Dijinakkan

Murai Bahorok tidak dapat dijinakkan dan dijadikan sebagai hewan peliharaan karena merupakan spesies burung yang dilindungi.

9. Rangking dalam Burung Kicauan

Murai Bahorok masuk dalam rangking lima besar burung kicauan terbaik di Indonesia.

10. Upaya Konservasi

Untuk menjaga populasi Murai Bahorok dari kepunahan, pemerintah Indonesia dan organisasi konservasi melakukan upaya-upaya seperti peningkatan pengawasan terhadap perburuan liar dan penangkaran Murai Bahorok untuk kemudian dilepasliarkan ke habitat aslinya.

Dari kesepuluh fakta menarik yang telah dijelaskan di atas, dapat disimpulkan bahwa Murai Bahorok adalah burung yang sangat unik dan menarik untuk dipelajari. Selain memiliki suara yang merdu dan indah, burung ini juga memiliki kecerdasan yang luar biasa dan mampu memecahkan masalah dengan cepat. Selain itu, Murai Bahorok juga memiliki perilaku yang unik dan dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan sekitarnya. Dengan semua fakta menarik ini, tidak heran jika Murai Bahorok menjadi salah satu burung yang paling populer dan banyak dicari oleh para penggemar burung di Indonesia.