Ekormurai.com – Bonsai Kawista Juara adalah salah satu jenis tanaman bonsai yang memiliki keunikan tersendiri. Bonsai Kawista Juara biasanya memiliki daun berukuran kecil dan bunga berwarna cerah menjadikannya sangat menarik untuk dijadikan hiasan dalam ruangan. Tanaman ini umumnya dijaga dengan sangat hati-hati oleh para penggemar bonsai karena keindahannya yang luar biasa. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendetail tentang Bonsai Kawista Juara dan mengapa tanaman ini begitu populer di kalangan penggemar bonsai di seluruh dunia.

Bonsai Kawista Juara

Bonsai Kawista Juara atau dalam bahasa Jepang disebut Juniperus Chinensis Var. Sargentii merupakan salah satu spesies bonsai yang populer di Indonesia. Bonsai Kawista Juara memiliki banyak kelebihan, seperti tahan terhadap cuaca panas dan dingin, tumbuh subur, dan mudah dirawat. Oleh karena itu, Bonsai Kawista Juara sering dijadikan pilihan bagi pemula yang ingin memulai hobbi bonsai.

Asal-Usul Bonsai Kawista Juara

Bonsai Kawista Juara berasal dari daerah pegunungan di Jepang, Tiongkok, dan Korea. Tanaman ini dikenal dengan nama Chinese Juniper, dan tumbuh dengan ketinggian mencapai 10-20 meter pada habitat aslinya. Namun, ketika dijadikan bonsai, ketinggian pohon hanya sekitar 30-60 cm, dengan cabang dan daun yang teratur dan rapi.

Ciri-Ciri Bonsai Kawista Juara

Bonsai Kawista Juara memiliki ciri-ciri yang mudah dikenali, di antaranya:

  • Daun kecil dan tipis, berbentuk jarum
  • Cabang yang rapat dan teratur
  • Pangkal batang yang besar dan kuat
  • Akar yang padat dan menyebar

Cara Merawat Bonsai Kawista Juara

Merawat bonsai Kawista Juara tidaklah sulit, yang dibutuhkan hanyalah tiga hal utama yaitu:

  1. Penyiraman secara teratur
  2. Pemupukan setiap 2-3 bulan sekali
  3. Pemangkasan yang teratur untuk membentuk bentuk pohon sesuai dengan keinginan

Perlu diingat, bonsai Kawista Juara tumbuh dengan baik pada suhu yang hangat dan penyiraman yang cukup. Namun, hindari terlalu banyak menyiram tanaman agar tidak memicu pertumbuhan jamur dan makanan bagi serangga.

Foto Bonsai Kawista Juara

Bonsai Kawista Juara

Berikut adalah tampilan foto bonsai Kawista Juara yang menjadi juara dalam sebuah kompetisi bonsai:

Sumber gambar: https://tse1.mm.bing.net/th?q=Bonsai+Kawista+Juara

Bonsai Kawista Juara

Asal Usul dan Penyebaran

Bonsai Kawista Juara adalah bonsai yang berasal dari Asia Tenggara, yang tersebar luas di Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura dan Filipina. Tanaman ini dapat ditemukan di hutan-hutan dataran rendah, serta di kawasan pinggir pantai.

Nama Latin

Bonsai Kawista Juara memiliki nama latin Premna microphylla. Tanaman ini termasuk dalam famili Lamiaceae yang memiliki banyak anggota seperti mint dan lavender.

Ciri-ciri

Bonsai Kawista Juara memiliki daun yang berbentuk bulat telur dan berwarna hijau kecil. Batangnya berwarna abu-abu dan berbulu lembut. Bonsai ini memiliki bunga berwarna putih kecil yang kerap muncul di sepanjang batangnya seperti jerami. Bonsai Kawista Juara memiliki akar yang cukup kuat, sehingga sangat cocok untuk tumbuh di dalam pot. Ukuran dari bonsai ini bisa mencapai hingga 50 cm dengan daun yang rimbun.

Kegunaan

Bonsai Kawista Juara memiliki kegunaan yang cukup banyak. Di Indonesia, daun dari penyakit kawista seringkali digunakan sebagai bahan herbal dan jamu. Di samping itu, tanaman ini juga digunakan sebagai bahan pangan untuk kambing dan sapi.Bonsai Kawista Juara juga digunakan sebagai tanaman hias dan bonsai. Bonsai yang telah dewasa memiliki ciri khas yang terlihat unik dan menarik sehingga cukup menjadi sorotan di acara pameran bonsai.

Harga

Harga Bonsai Kawista Juara cukup bervariasi, tergantung dari usia dan ukuran tanaman tersebut. Untuk bonsai yang masih muda, harga bisa berkisar antara Rp.50.000 hingga Rp.100.000. Harga untuk bonsai yang sudah dewasa bisa mencapai jutaan rupiah.

Perawatan

Perawatan Bonsai Kawista Juara cukup mudah, tanaman ini termasuk tahan terhadap cuaca panas dan kering. Tanaman ini tumbuh baik dengan sinar matahari yang cukup banyak dan kelembaban udara yang sedang.Agar bonsai tetap rimbun, kami disarankan untuk memangkas beberapa cabangnya dan mengganti hadangan setiap tiga tahun sekali. Jangan lupa untuk juga memberikan pupuk secara rutin agar bonsai tetap memiliki nutrisi yang cukup.

Simpulan

Bonsai Kawista Juara merupakan tanaman yang cukup populer di Indonesia. Selain kegunaannya yang cukup banyak, bonsai ini juga menarik sebagai tanaman hias. Dengan perawatan yang cukup mudah, bonsai ini cocok untuk dibudidayakan oleh para pecinta bonsai. Harga yang cukup bervariasi tergantung dari usia dan ukuran tanaman, namun bila sudah terlihat cantik, bisa mencapai jutaan rupiah.

Terima kasih telah membaca tentang Bonsai Kawista Juara!

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mendalami seni bonsai. Tidak ada yang lebih memuaskan daripada melihat hasil jerih payah yang ditanam dan dilatih untuk menjadi sebuah karya seni kecil yang indah seperti bonsai kawista. Jangan lupa untuk mengunjungi kami lagi di kemudian hari untuk menemukan lebih banyak lagi tentang keindahan dunia bonsai. Sampai jumpa!