Ekormurai.com – Bonsai bunga kertas merupakan salah satu jenis bonsai yang populer di kalangan pecinta tanaman hias. Banyak orang yang tertarik untuk mencoba membuat bonsai ini karena keindahannya yang memukau. Bunga kertas atau yang juga dikenal dengan nama crepe paper flower merupakan bahan utama untuk membuat bonsai ini. Cara membuat bonsai bunga kertas sendiri tidaklah sulit, bahkan bisa dilakukan oleh pemula sekalipun. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara membuat bonsai bunga kertas yang dapat diikuti.

Cara Membuat Bonsai Bunga Kertas

Pengertian Bonsai Bunga Kertas

Bonsai bunga kertas adalah salah satu jenis bonsai yang terbuat dari kertas origami. Bunga kertas yang dijadikan bonsai bisa berupa bunga sakura, mawar, tulip, atau jenis bunga lainnya. Bentuk bonsai bunga kertas ini dapat bebas sesuai dengan kreativitas dan imajinasi, sehingga hasilnya bisa sangat indah dan unik.

Perlengkapan yang Dibutuhkan

Untuk membuat bonsai bunga kertas, ada beberapa bahan dan perlengkapan yang dibutuhkan antara lain kertas origami, gunting, lakban, kawat, dan perekat super. Selain itu, juga bisa menggunakan kuas dan cat air jika ingin memberi warna pada bunga kertas.

Tahapan Membuat Bonsai Bunga Kertas

1. Pilihlah jenis bunga yang ingin dibuat. Ukuran kertas origami dapat disesuaikan dengan ukuran yang diinginkan, tergantung pada jenis bonsai yang akan dibuat.2. Lipat kertas origami sesuai dengan pola origami yang sudah ditentukan. Setiap jenis bunga memiliki pola origami yang berbeda-beda sehingga harus disesuaikan dengan pola yang benar. 3. Gunting ujung kertas sesuai dengan bentuk bunga yang diinginkan. Kemudian rapatkan ujung kertas dan rekatkan dengan perekat super.4. Bungkus kawat dengan lakban berwarna untuk membuat daun dan tangkai bunga. Lakban yang digunakan dapat berupa kertas crepe, plain atau kertas hias berwarna.5. Kemudian susun bunga beserta daun dan tangkainya pada sebuah pot. Pot dapat dipilih sesuai dengan selera dan ukuran bunga kertas.

Keindahan Bonsai Bunga Kertas

Bonsai bunga kertas dapat dijadikan sebagai hiasan rumah atau sebagai hadiah untuk orang yang tersayang. Kecantikan bonsai bunga kertas terletak pada keunikan bentuk bunga dan pilihan warna yang disesuaikan dengan selera. Selain itu, hasil akhir dari bonsai bunga kertas juga dipengaruhi oleh ketelatenan dan ketepatan dalam menata daun serta bunga sesuai dengan pola yang diinginkan.

Cara Merawat Bonsai Bunga Kertas

Agar bonsai bunga kertas tetap awet dan tahan lama, perlu diperhatikan cara merawatnya. Hindari paparan sinar matahari langsung yang dapat membuat warna kertas cepat pudar dan kering. Jangan terlalu sering disiram air, cukup semprotkan atau lap dengan kain lembut yang lunak. Selain itu, jangan lupa juga untuk membersihkan daun dan tangkai dari debu dengan kuas halus secara berkala.Bonsai Bunga Kertas

Cara Membuat Bonsai Bunga Kertas

Bonsai bunga kertas memang menjadi salah satu pilihan terbaik bagi mereka yang ingin memiliki dekorasi rumah yang cantik dan menarik. Tak hanya itu, membuat bonsai bunga kertas juga dapat menjadi hobi yang sangat menyenangkan dan mengasyikkan. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat bonsai bunga kertas, ada beberapa cara yang perlu Anda ketahui untuk bisa berhasil membuatnya dengan baik.

Apa itu Bunga Kertas?

Bunga kertas merupakan jenis tanaman yang sering disebut sebagai tanaman puring. Seperti namanya, tanaman ini memiliki bunga berbentuk kertas yang sangat cantik dan menawan. Bunga kertas sendiri sebenarnya merupakan jenis tanaman hias yang berasal dari Amerika Selatan dan tumbuh dengan baik di area tropis. Tanaman ini memiliki nama latin Bougainvillea Spectabilis yang diberikan sebagai penghormatan kepada seorang perintis kapal laut dari Prancis bernama Louis Antoine de Bougainville.

Cara Menanam Bunga Kertas

Untuk bisa membuat bonsai bunga kertas, tentu saja Anda perlu menanam tanaman bunga kertas terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda coba untuk menanam bunga kertas:1. Pilih bibit yang baik dan sehatPilih bibit bunga kertas yang sehat dan bebas dari penyakit. Pastikan juga bahwa bibit tersebut memiliki batang yang kuat dan tidak mudah patah.2. Siapkan media tanam yang sesuaiMedia tanam yang baik untuk bunga kertas adalah campuran dari tanah liat, pasir, dan pupuk kandang. Campurkan ketiga bahan tersebut dengan perbandingan 1:1:1.3. Tanam bibitBagi media tanam menjadi beberapa bagian dan letakkan bibit pada bagian tengah. Tekan tanah dengan lembut dan siram bibit dengan air secukupnya.4. PenyiramanUntuk menjaga kelembaban tanah, siram bibit dengan air secukupnya setiap hari. Namun jangan terlalu banyak karena bisa membuat tanaman menjadi busuk.5. PenyulamanSetelah beberapa minggu, bibit akan tumbuh dan membutuhkan ruang yang lebih untuk tumbuh. Pindahkan bibit ke pot yang lebih besar agar bisa tumbuh dengan baik.

Mengubah Bunga Kertas Menjadi Bonsai

Setelah tanaman bunga kertas berkembang dengan baik, Anda dapat mengubahnya menjadi bonsai dengan cara sebagai berikut:1. Pilih cabang yang sesuaiPilih cabang yang sesuai dengan bentuk bonsai yang Anda inginkan. Pastikan cabang tersebut masih dalam keadaan sehat dan tidak terlalu besar.2. Potong cabangPotong cabang yang dipilih dengan gunting yang tajam. Pastikan potongan tersebut tidak terlalu besar agar tanaman tidak terlalu banyak kehilangan nutrisi.3. Bentuk cabangBentuk cabang yang dipotong dengan gunting atau pisau tajam sesuai dengan bentuk bonsai yang diinginkan. Jangan ragu untuk membentuk masih berkali-kali hingga bentuk yang diinginkan tercapai.4. PemangkasanPemangkasan dilakukan untuk mendukung pertumbuhan akar, daun, dan batang yang seimbang. Jangan lupa untuk memperhatikan teknik pemangkasan agar tanaman tidak rusak.5. PerawatanSetelah bonsai bunga kertas terbentuk, Anda perlu merawatnya dengan baik. Berikan nutrisi yang cukup dan pastikan tanah tetap lembab. Jangan lupa untuk memangkas daun yang terlalu lebat agar tanaman tetap sehat.Sekarang, Anda sudah tahu cara membuat bonsai bunga kertas. Selamat mencoba!

Terima kasih telah membaca cara membuat bonsai bunga kertas!

Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi untuk mencoba membuat bonsai bunga kertas sendiri di rumah. Jangan lupa untuk terus mengunjungi halaman kami untuk menemukan lebih banyak artikel menarik tentang kebun atau DIY (do it yourself) lainnya. Sampai jumpa lagi!