Ekormurai.com – Bonsai merupakan seni berkebun yang berasal dari Jepang yang pada dasarnya digunakan untuk membuat pohon atau tanaman kecil yang akan dibentuk sesuai dengan keinginan kita. Jenis bonsai sendiri juga sangat beragam, dan biasanya dikategorikan berdasarkan jenis pohon atau batang yang digunakan untuk membuat bonsai. Banyak orang menggemari bonsai karena keindahan dan keunikan yang dimilikinya, serta kesabaran dan ketelitian yang diperlukan untuk merawat bonsai. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa jenis bonsai populer yang dapat menjadi pilihan Anda untuk dijadikan koleksi atau hiasan rumah.

Jenis Bonsai

Pengertian Bonsai

Bonsai berasal dari bahasa Jepang, yaitu bon yang artinya pot dan sai yang artinya tanaman. Sehingga bonsai bermaksud tanaman yang dipotong kecil dan diatur tumbuhnya dalam wadah atau pot.

Bonsai

Asal Mula Bonsai

Bonsai merupakan sebuah seni taman yang berasal dari Cina sekitar 2000 tahun yang lalu dan dibawa ke Jepang pada abad ke-12. Di Jepang, seni bonsai berkembang pesat dan menjadi salah satu seni taman yang terkenal di dunia.

Jenis Bonsai Berdasarkan Bentuk Pohon

Berdasarkan bentuk pohon, terdapat beberapa jenis bonsai di antaranya:

  • Chokkan; bentuk pohon lurus ke atas dengan cabang yang merata.
  • Moyogi; bentuk pohon yang berkelok-kelok dengan percabangan yang merata.
  • Shakan; bentuk pohon yang miring karena terkena angin atau tekanan akar
  • Bunjin; bentuk pohon yang tumbuh menjadi tegak lurus dengan cabang yang miring ke arah bawah.
  • Ishituki; bentuk pohon yang tumbuh di atas bebatuan.

Jenis Bonsai Berdasarkan Jenis Tanaman

Berdasarkan jenis tanaman, terdapat beberapa jenis bonsai di antaranya:

  • Juniperus; jenis bonsai yang berasal dari pohon cemara
  • Zelkova serrata; jenis bonsai yang berasal dari pohon zelkova
  • Sakura; jenis bonsai yang berasal dari pohon ceri
  • Pyracantha; jenis bonsai yang berasal dari pohon piracanta
  • Buddha Belly; jenis bonsai yang berasal dari tumbuhan kaktus

Cara Merawat Bonsai

Bonsai membutuhkan perawatan khusus agar tetap tumbuh dengan baik dan indah. Beberapa cara merawat bonsai yang dapat dilakukan adalah:

  • Menyiram tanaman secara teratur
  • Memberi pupuk secara teratur
  • Melakukan pemangkasan daun dan cabang
  • Memindahkan tanaman ke pot yang lebih besar setiap 2-3 tahun sekali
  • Menjaga kadar air dan sinar matahari yang sesuai

Jenis Bonsai

Bonsai adalah seni memotong pohon dan merawatnya agar tumbuh dalam bentuk miniatur dengan menggunakan teknik tertentu. Namun, tidak semua jenis pohon dapat dijadikan bonsai. Berikut adalah beberapa jenis bonsai yang paling populer:

Bonsai Podocarpus

Podocarpus atau juniper rusak adalah salah satu jenis pohon konifera yang paling populer di dunia bonsai. Pohon ini berasal dari wilayah Asia Timur dan dapat mencapai ketinggian 2-3 meter. Namun, dalam bonsai, podocarpus biasanya dibentuk menjadi ukuran miniatur dengan potongan batang, ranting dan akar untuk menciptakan bentuk dan pola yang dinamis. Harga bonsai podocarpus biasanya berkisar antara Rp. 200 ribu hingga Rp. 2 jutaan tergantung dari ukuran, bentuk dan kualitas.

Bonsai Pinus

Pinus adalah jenis pohon konifera yang berasal dari daerah beriklim sedang di seluruh dunia. Ada banyak spesies pohon pinus yang bisa dijadikan bonsai, termasuk Pinus Thunbergii (Jepang), Pinus Sylvestris (Eropa) dan Pinus Densiflora (Korea). Harga jual bonsai pinus bervariasi tergantung dari ukuran, bentuk dan usia pohon. Bonsai pinus yang lebih tua dan lebih besar biasanya dihargai lebih mahal daripada bonsai pinus yang masih muda dan mengecil.

Bonsai Maple Jepang

Maple jepang adalah salah satu jenis pohon bonsai yang paling populer di dunia. Pohon ini memiliki daun yang amat indah, yang biasanya dianggap sebagai ciri khas dari spesies ini. Ada banyak spesies maple jepang yang digunakan sebagai bahan mentah untuk bonsai, termasuk Acer Palmatum dan Acer Japonicum. Harga bonsai maple jepang tergantung pada ukuran, usia dan tekstur.

Bonsai Pohon Buah-Buahan

Berbagai jenis pohon buah-buahan seperti apel, ceri, persik dan zaitun juga bisa dijadikan bonsai. Pohon buah-buahan biasanya disukai oleh pemula karena lebih mudah dirawat, dan juga menarik untuk dilihat ketika bunganya sedang mekar. Harga bonsai pohon buah-buahan bervariasi tergantung dari spesies pohon, ukuran, dan usia.

Bonsai Pohon Beringin

Beringin adalah jenis pohon kayu keras yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Pohon ini sering dianggap sebagai lambang kehidupan yang panjang dan abadi. Bonsai beringin sering dijadikan sebagai pilihan karena bentuk dan akar pohon yang indah, serta usianya yang dapat mencapai ratusan tahun. Harga bonsai beringin bisa sangat mahal, bisa mencapai puluhan juta rupiah untuk pohon yang lebih tua dan besar.

Bonsai Tanaman Sukulen

Tanaman sukulen seperti kaktus dan aloe vera juga bisa dijadikan sebagai bonsai. Pohon ini biasanya dihargai karena daya tahan, fleksibilitas dan bentuknya yang lucu. Harga bonsai tanaman sukulen biasanya lebih murah daripada bonsai pohon kayu keras karena pertumbuhan yang lebih cepat dan mudah dirawat.Itulah beberapa jenis bonsai yang paling populer di dunia. Pilih jenis yang ingin Anda miliki, dan pastikan untuk merawatnya dengan sangat baik agar tumbuh cantik dan sehat!

Terima Kasih Sudah Membaca

Kami berharap artikel tentang Jenis Bonsai ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda semua. Jangan ragu untuk mengunjungi situs kami kembali di lain waktu untuk menemukan artikel menarik lainnya seputar tanaman hias dan kebun. Sampai jumpa lagi, selamat menjelajahi dunia bonsai!