Ekormurai.com – Meja Bonsai Mame, seringkali dipopulerkan sebagai meja bonsai mini atau bonsai kecil yang menjadi hobi baru di kalangan penikmat bonsai di Indonesia. Meja bonsai jenis ini biasanya memiliki ukuran yang kecil, dengan potongan kayu yang kokoh dan menarik serta dilengkapi dengan wadah untuk diletakkan potongan-potongan tanaman kecil atau miniatur pohon-pohon bonsai yang seringkali memiliki nilai estetika yang tinggi. Meja Bonsai Mame menjadi populer karena ukurannya yang kecil dan mudah ditempatkan di berbagai ruang, bahkan di ruangan kecil sekalipun. Selain itu, jumlah tanaman yang diperlukan dalam meja bonsai jenis ini juga jauh lebih sedikit dibandingkan meja bonsai tradisional. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci tentang Meja Bonsai Mame dan apa yang membedakannya dari jenis meja bonsai lainnya.

Meja Bonsai Mame

Pengertian Meja Bonsai Mame

Meja bonsai mame adalah sebuah meja kecil yang digunakan untuk menempatkan tanaman bonsai dengan ukuran kecil atau mini, yang dikenal dengan sebutan mame. Meja ini biasanya terbuat dari kayu atau bahan alami lainnya dengan ukuran yang pas untuk menampung pot kecil dan tanaman bonsai mame.

Sejarah Meja Bonsai Mame

Sejarah meja bonsai mame sebenarnya sudah cukup lama terdengar. Meja ini sudah digunakan sejak zaman Edo di Jepang pada abad ke-17 dan menjadi populer di kalangan para penggemar bonsai.

Kegunaan Meja Bonsai Mame

Meja bonsai mame digunakan untuk menampilkan keindahan dari tanaman bonsai mame. Selain itu, meja ini juga berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan dan merawat tanaman bonsai tersebut. Meja bonsai mame juga mampu menimbulkan kesan elegan dan artistik saat ditempatkan di ruangan atau taman.

Kelebihan Meja Bonsai Mame

Salah satu kelebihan dari meja bonsai mame adalah ukurannya yang kecil dan pas untuk menempatkan pot tanaman bonsai mame. Selain itu, meja ini juga dirancang dengan bentuk dan desain yang unik, sehingga dapat menjadi pelengkap dekorasi rumah atau taman. Selain itu, dengan menggunakan meja bonsai mame, tanaman bonsai mame juga dapat tampil lebih menarik dan artistik.

Cara Merawat Meja Bonsai Mame

Untuk merawat meja bonsai mame, kita dapat membersihkan permukaan meja secara rutin dengan kain lembut dan lap yang sudah dibasahi air. Jangan menggunakan pembersih kaca atau bahan kimia yang berpengaruh buruk pada kayu atau bahan alami meja bonsai mame. Selain itu, jangan lupa untuk meletakkan meja bonsai mame pada tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung atau kelembaban berlebih, untuk menghindari kerusakan pada kayu atau bahan alami meja.Meja Bonsai Mame

Meja Bonsai Mame

Meja Bonsai Mame adalah suatu jenis meja kecil yang didesain untuk menampung tanaman Bonsai Mame. Hiasan tanaman Bonsai selalu menjadi pilihan yang menarik sebagai penghias ruangan. Bonsai mame sendiri berasal dari bahasa Jepang yang artinya miniaturisasi atau kecil-kecilan. Meja Bonsai Mame dipilih sebagai wadah untuk menanam bonsai tersebut karena ukurannya yang kecil dan cocok digunakan untuk ukuran tanaman kecil lainnya.

Asal Usul Bonsai Mame

Bonsai Mame merupakan jenis dari tanaman Bonsai asli dari negeri sakura. Seiring perkembangan zaman, penggemar tanaman bonsai pun semakin banyak, sehingga membuat munculnya berbagai jenis tanaman bonsai baru. Bonsai Mame sendiri dibuat karena terlalu kecil digunakan pada ukuran meja bonsai yang umunya lebih besar.

Nama Latin

Tanaman Bonsai Mame merupakan jenis tanaman yang dimiliki oleh keluarga Juniperus Sabina atau bisa disebut dengan Juniperus Sabina ‘Tamariscifolia’. Juniperus Sabina sendiri merupakan jenis tanaman yang berasal dari pegunungan dan daerah-daerah dengan suhu yang cukup dingin. Tanaman ini seringkali digunakan sebagai bagian dari hiasan taman.

Penyebaran

Tanaman Bonsai Mame sebagian besar ditemukan di taman-taman rekreasi Jepang. Jepang sendiri menjadi pusat dari penggemar Bonsai pada umunya dan Bonsai Mame pun menjadi jenis bonsai yang cukup populer di negara ini. Tanaman ini dipercayai menghadirkan ketenangan bagi penghuninya yang dapat terasa dari pemandangan indah yang disuguhkan oleh Bonsai Mame.

Ciri-ciri Meja Bonsai Mame

Meja Bonsai Mame memiliki ukuran yang lebih kecil dari meja bonsai pada umumnya. Ukuran meja Bonsai Mame yaitu 50 cm x 30 cm x 7 cm dan terbuat dari kayu berkualitas tinggi. Meja ini cocok digunakan untuk meletakkan Bonsai Mame dengan ketinggian sekitar 5-20 cm, meski ukuran tanaman mame ini hanya hingga 6 cm.

Harga Meja Bonsai Mame

Harga Meja Bonsai Mame bervariasi tergantung dari bahan yang digunakan dan tingkat kesulitan membuatnya. Untuk jenis meja bonsai mame yang berbahan dasar kayu dan dijual di Indonesia, harganya berkisar antara Rp 250.000 hingga Rp 750.000.

Kesimpulan

Meja Bonsai Mame adalah wadah untuk menanam tanaman jenis Bonsai Mame yang sangat cocok untuk digunakan di ruangan. Meja ini memiliki bentuk yang kecil dan terbuat dari kayu yang berkualitas tinggi. Bonsai Mame sendiri memiliki nama latin Juniperus Sabina ‘Tamariscifolia’ dan sebagian besar ditemukan di taman-taman rekreasi di Jepang. Harga Meja Bonsai Mame berkisar antara Rp 250.000 hingga Rp 750.000 tergantung dari bahan dan tingkat kesulitan dalam pembuatan.

Terima Kasih Telah Membaca Tentang Meja Bonsai Mame

Dengan membaca artikel ini, semoga Anda menambah wawasan dan menemukan inspirasi baru dalam hobi bonsai mame. Kami berharap artikel ini dapat memberikan manfaat dan informasi yang berguna untuk Anda. Tetaplah pantau website kami untuk informasi terbaru seputar bonsai mame dan dunia tanaman hias lainnya. Terima kasih telah membaca dan jangan lupa kunjungi website kami lagi ya!