Ekormurai – Tips Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina Paling JituBagi para pecinta burung kicau, salah satu jenis burung yang menjadi favorit adalah cucak ijo. Burung yang memiliki warna hijau cerah ini memiliki keindahan dan suara yang sangat merdu. Namun, sebagai pemilik cucak ijo tentu perlu mengetahui seks burung ini, apakah jantan atau betina. Hal ini penting untuk mengetahui karakteristik dan perilaku burung, serta memudahkan dalam perawatan dan perkembangbiakan. Maka dari itu, dalam artikel ini akan dibahas beberapa tips cara membedakan cucak ijo jantan dan betina yang paling jitu.

Tips Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina Paling Jitu

Tips Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina Paling Jitu- Dalam proses merawat burung kicau termasuk cucak ijo atau cucak hijau ada beberapa tahapan yang biasanya dilakukan oleh para kicau mania. Salah satunya yaitu membedakan burung jantan dan betina. Baik itu yang sudah dewasa maupun yang masih anakan atau trotolan. Burung cucak ijo trotolan maupun yang sudah dewasa memang agak sulit untuk dibedakan jenis kelamin nya, terkecuali bagi mereka yang berpengalaman/ master yang mungkin untuk mengetahui cucak ijo jantan dan betina tidak terlalu sulit karena dapat mengetahui hanya dengan melihat karakteristik burung tersebut.

Mengapa yang di utamakan harus mengetahui ciri perbedaan jantan dan betina? Karena biasanya burung yang dicari untuk burung kicau yaitu jenis kelamin jantan, kecuali untuk jalak suren dan lovebird, burung ini walaupun betina rajin berkicau. Cucak ijo jantan banyak dipilih karena volume serta variasi suara yang lebih banyak dibandingkan cucak ijo betina. Ada beberapa perbedaan fisik antara cucak hijau jantan dan betina, meskipun masih bakalan atau trotol. Tetapi sekali lagi, tips ini hanya berlaku bagi para pecinta burung pemula atau junior, karena bagi para pecinta burung yang senior tentu akan sangat mudah membedakannya.

Burung cucak ijo jantan dewasa memiliki ciri yang menonjol yaitu pada dagu dan tenggorokannya terdapat bulu berwarna hitam, sedangkan pada burung cucak ijo betina dewasa hanya ada bulu berwarna hijau pada dagu dan tenggorokannya. Nah untuk lebih jelasnya jika anda ingin mengetahui perbedaan kelamin cucak ijo baiknya anda membaca tips-tips berikut ini untuk membedakan cucak hijau jantan dan betina.

Tips Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Tips Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina

1. Paruh Bawah

Pada bagian paruh bawah cucak ijo jantan akan memiliki warna cokelat gelap. Dan untuk cucak ijo betina akan memiliki warna putih bersih.

2. lingkar mata

Jika cucak ijo sudah memasuki usia dewasa biasanya akan terlihat perbedaan pada lingkar mata. Untuk cucak ijo jantan akan memiliki lingkar mata yang berwarna kuning tegas. Sedangkan untuk cucak ijo jenis betina akan memiliki lingkar mata yang berwarna putih.

3. Leher

Pada usia 4 sampai 6 bulan, burung cucak ijo betina akan memiliki warna leher yang tampak kuning. Warna kuning tersebut lama-kelamaan akan berubah menjadi putih kehijauan. Sedangkan burung cucak ijo jantan akan memiliki warna kuning yang lama-kelamaan akan berubah warna menjadi hitam.

4. Tulang Supit

Cucak ijo jantan akan memiliki tulang supit yang kaku dan juga keras, sedangkan betina akan terasa sedikit lentur serta bergeser ke kanan atau ke kiri.

Cukup mudah bukan bagaimana Cara Membedakan Cucak Hijau Jantan dan Betina? Tentu setelah membaca artikel ini anda sudah bisa membedakan mana cucak hijau jantan dan mana cucak hijau betina. Memilih jenis kelamin burung cucak ijo ini memang cukup penting Anda lakukan jika Anda ingin membeli burung cucak ijo yang pandai bernyanyi. Mendengar burung bernyanyi memang mampu memberikan suasana yang nyaman, menghibur dan gembira. Namun ada baiknya Anda baca juga info di bawah ini:
Itulah beberapa informasi perbedaan jantan betina cucak ijo yang dapat bung-gacor sampaikan semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus bung-gacor untuk mendapatkan berbagai macam informasi Seputar Burung Ocehan.Salam gacor.!!

Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina, cucak ijo jantan dan betina dari ciri penampilan, cucak ijo jantan betina bakalan, cucak ijo jantan dan betina dewasa, cucak ijo jantan dan betina trotol, cucak ijo jantan dan betina anakan, cucak ijo jantan dan betina muda, Inilah Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina, cara membedakan cucak ijo jantan dan betina yang masih anakan.cucak ijo betina, perbedaan cucak ijo kalimantan dan banyuwangi, Perbedaan Ciri-ciri Burung Cucak Ijo Jantan dan Betina.

Cari tahu tentang berbagai macam informasi tentang burung Murai dan lainnya di Ekomurai.com

Dalam menjaga dan merawat burung cucak ijo, penting untuk dapat membedakan jenis kelaminnya. Meskipun terlihat sulit bagi pemula, namun dengan beberapa tips yang telah kami berikan di atas, diharapkan dapat membantu Anda untuk dapat membedakan cucak ijo jantan dan betina dengan mudah. Dengan mengetahui jenis kelaminnya, Anda dapat merancang perawatan yang sesuai dan membantu burung Anda dalam berkembang biak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian para pecinta burung cucak ijo.