Ekormurai – Tips Cara Mudah Mengatasi Kacer Mbagong Agar Kembali NormalKacer mbagong menjadi salah satu masalah yang sering dialami para pemilik burung kacer. Kacer mbagong sendiri merupakan kondisi di mana burung jantan kacer yang sebelumnya rajin berkicau tiba-tiba menjadi kurang aktif dan cenderung hanya mengeluarkan suara ngotot atau mbagong saja. Kondisi ini tentu saja sangat mengganggu bagi para pemilik burung kacer yang biasanya mengejar prestasi atau sekedar menikmati kicauan indah burung kacer. Untuk itu, dalam artikel ini akan dibahas cara mudah mengatasi kacer mbagong agar kembali normal.

Tips Cara Mudah Mengatasi Kacer Mbagong Agar Kembali Normal

Mengatasi Kacer Mbagong– Burung kacer adalah, satu diantara jenis burung kicauan yang paling banyak digemari di seluruh negara bagian Asia, mulai dari China, India dan semua kawasan Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Burung kacer juga termasuk sejenis burung petarung yang kicauannya terdengar begitu nyaring. Kacer biasanya akan terlihat sangat ngotot ketika melihat musuh yang ada di sekelilingnya. Tetapi di balik popularitas burung yang tergolong ke dalam petarung sejati, kacer memiliki misteri yang hingga kini masih banyak di perbincangkan diantara kacermania.

Para kacermania sering mengeluhkan gaconya selalu menunjukkan perilaku mbagong, mbedesi atau kuda laut, diantara istilah yang sering disematkan pada burung ini. Bagi yang sudah lama menekuni di dunia burung kacer ini pasti sudah tidak asing lagi mendengar istilah itu, namun mungkin banyak yang tidak tau juga apa sebenarnya itu mbagong, istilah mbagong atau nguda laut ini berasal dari perilaku kacer yang bergaya seperti kuda laut dengan posisi badan tegak, dada dibusungkan dengan bulu yg mekar,ekor lurus ke bawah dan hanya mengeluarkan suara yang monoton cerr cerr yang banyak orang jawa menganggap kacer tampak seperti bagong.

kacer mbagong harus segera diatasi dan butuh penanganan secara serius dan tepat. Karena, menangani kacer mbagong tidak semudah apa yang dibayangkan. Untuk menangani harus ditelusuri dulu kesalahan/penyebabnya. Karena banyak faktor kacer bisa berperilaku seperti ini. Misalnya karena kondisi birahi yang berlebih, mental kurang bagus, usia muda, memasuki masa mabung, kondisi fisik ngedrop lantaran salah atau kurang perawatan, mengalami trauma, stress, over ekstra fooding dan jenuh lomba lantaran terlalu dieksplor di lapangan. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja kita cari tahu cara mengatasi kacer mbagong berikut ini:

Tips Cara Mudah Mengatasi Kacer Mbagong Agar Kembali Normal

Sebetulnya, penyebab kacer mbagong sendiri bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Adapun beberapa cara merawat kacer mbagong dengan beberapa penyebabnya, berikut ini:

Mengatur Pemberian Ekstra Fooding

Mengatasi kacer mbagong akibat EF Pemberian porsi Extra Food berlebihan ini bisa menyebabkan kacer mbagong. Untuk cara merawat kacer mbagong, contohnya dengan kebiasaan pemberian 3 ekor jangkrik baik di pagi hari ataupun di sore hari. Anda bisa mempertahankan kondisi pemberian EF ini hingga hari keempat. Di hari kelima, maka Anda bisa memberikan jangkrik sebanyak 4 ekor untuk pagi hari lalu 4 ekor untuk sore hari. Kemudian pada hari ke-10, Anda bisa memberinya 5 ekor jangkrik baik di pagi maupun di sore hari hingga hari ke empat belas. Kemudian Anda bisa mencoba burung kacer di lapangan. Apabila masih terlihat mbagong, maka Anda bisa memberinya 2-3 ekor ulat bumbung di tiap hari melalui porsi 5/5 jangkrik. Karena ulat bumbung ini biasanya bisa mengatasi kacer yang mbagong.

Mandi yang Intensif

Merawat kacer mbagong akibat kesalahan mandi seperti kita ketahui, di mana burung kacer merupakan sejenis burung yang sangat senang mandi untuk itulah kita harus tepat ketika memandikannya. Terkadang akibat kesalahan mandi inilah, kacer bisa menjadi mbagong. Namun pada kenyataannya, terkadang kita tak memiliki banyak waktu merawat burung kacer ketika sibuk bekerja atau mengurus hal lainnya. Sehingga kita hanya bisa memandikan burung ini ketika kita memiliki waktu luang saja. Justru menurut kacer sendiri, hal ini bisa berdampak buruk bagi dirinya. Adapun tips mengatasi kacer mbagong akibat kesalahan mandi adalah dengan mengetahui kebiasaan mandinya, kacer lebih menyukai mandi menggunakan keramba.

Sesuaikan Pola Tangkringan dan Sangkar

Mengganti sangkar dan merubah pola penempatan tangkringan, banyak diyakini bahwa bisa membuat kacer jadi sering ngebagong. Pasalnya jika awalnya burung sudah merasa nyaman dengan sangkar yang ditempati olehnya, begitupun dengan pola tangkringan yang biasa dipakai untuk bertengger, namun kemudian sangkar dan penempatan tangkringan itu diganti, maka tidak menutup kemungkinan kalau dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa kenyamanan burung.

Disamping itu, apabila kenyamanan burung sampai terganggu ataupun hilang, maka sangat memungkinkan kalau nantinya dapat memicu terjadinya burung yang seringkali nguda laut. Sedangkan untuk mengatasi kacer mbagong yang terjadi karena kandang dan pola tangkringan-nya diganti, bisa ditangani dengan cara mengembalikan sangkar begitupun penempatan tangkringan seperti sedia kala dimana yang biasa ditempati oleh burung untuk bersinggah dan bertengger.

Baca Juga: 

Tentang Kacer:

kacer mbagong, cara mengatasi kacer mbagong, kacer mbagong, mengatasi kacer mbagong saat lomba, mengatasi kacer mbagong saat diadu, ciri kacer mbagong, mengatasi kacer mbagong, cara menghilangkan kacer mbagong, setelan kacer mbagong, kacer bagong, mengatasi kacer bagong, cara mengatasi kacer bagong, perawatan kacer mbagong, penyebab kacer mbagong, mengatasi kacer mbagong saat ditrek, cara mengatasi kacer mbagong dan salto, mengatasi kacer mbagong jalan, cara mengatasi poci mbagong, cara jitu atasi kacer mbagong.

Cari tahu tentang berbagai macam informasi tentang burung Murai dan lainnya di Ekomurai.com

Dalam kesimpulan, mengatasi kacer mbagong bukanlah hal yang sulit. Dengan mengamati pola dan kondisi burung, memberikan asupan makanan yang seimbang, serta memberikan perawatan dan pemeliharaan rutin, maka kacer yang mengalami mbagong dapat kembali ke kondisi normal. Penting juga untuk tidak memaksakan burung Anda dan memberikan waktu yang cukup untuk pemulihan. Dengan begitu, burung kacer Anda dapat tetap berada dalam kondisi prima dan mampu mengeluarkan suara merdu yang diinginkan. Semoga tips yang telah kami bagikan di artikel ini dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah kacer mbagong.