Ekormurai.com – Bonsai diatas batu dikenal sebagai bentuk seni Bonsai yang sangat unik. Berbeda dengan bonsai pada umumnya yang ditanam di dalam pot, bonsai diatas batu ditanam diatas batu alam yang membuatnya terlihat seperti pohon kecil yang tumbuh di atas bebatuan alamiah. Seni bonsai diatas batu berasal dari Jepang dan dikenal sebagai “ishizuki” atau “yose-ue” di dunia Bonsai. Teknik ini membutuhkan keahlian dan kesabaran yang tinggi dalam memilih batu yang tepat serta menumbuhkan tanaman yang dapat hidup di atas batu tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang keindahan dan teknik Bonsai diatas batu.

Bonsai Diatas Batu

Pengertian Bonsai

Bonsai adalah seni mengasah dan merawat pohon dalam wadah dan ukuran yang kecil. Di Jepang, bonsai berasal dari kata “bon” yang berarti alas atau wadah, dan “sai” yang berarti pohon. Bonsai sering dianggap sebagai karya seni yang indah dan menenangkan.

Sejarah Bonsai

Bonsai pertama kali dikenal di Cina pada zaman Dinasti Han (206 SM – 220 M). Kemudian, teknik bonsai berkembang di Jepang pada abad ke-12, terutama untuk menghias ruangan dalam rumah atau untuk hadiah.

Keindahan Bonsai Diatas Batu

Salah satu teknik merawat bonsai yang unik adalah menempatkannya di atas batu. Bonsai yang ditempatkan di atas batu ini memberikan kesan natural dan dramatis. Bonsai di atas batu dapat memberi kesan keindahan tersendiri bagi setiap orang yang melihatnya.

Cara Merawat Bonsai Diatas Batu

Merawat bonsai di atas batu memang memerlukan perawatan khusus. Hal ini karena bonsai harus tetap hidup dan tumbuh subur dalam kondisi yang sukar. Hal yang perlu diperhatikan untuk merawat bonsai di atas batu antara lain kelembaban yang cukup, penyiraman yang teratur, serta pemupukan secara rutin.

Contoh Bonsai Diatas Batu

Berikut adalah contoh bonsai di atas batu yang indah dan memukau:contoh bonsai diatas batuSumber Gambar: https://tse1.mm.bing.net/th?q=Bonsai+Diatas+Batu

Bonsai Diatas Batu

Asal Usul

Bonsai Diatas Batu adalah salah satu jenis bonsai yang menarik perhatian para pecinta tanaman hias. Jenis bonsai ini berasal dari tradisi Jepang yang dikenal sebagai “ishizuki”, yang secara harfiah berarti “menempatkan di atas batu”. Praktik ini sudah dilakukan sejak zaman Edo di Jepang pada abad ke-16. Namun, bonsai di atas batu seperti yang kita kenal sekarang ini baru mulai dikenal sekitar tahun 1950-an.

Nama Latin

Jenis bonsai ini dikenal dengan nama “Sekijoju” secara bahasa Jepang atau disebut “Ficus retusa”. Ficus retusa merupakan spesies pohon yang berasal dari Asia Tenggara.

Penyebaran

Penyebaran bonsai di atas batu tidak sepopuler bonsai pada umumnya. Namun, jenis ini cukup banyak dipelihara oleh para pecinta tanaman hias di Indonesia, Thailand, Jepang, dan beberapa negara di Asia.

Ciri-Ciri

Bonsai Diatas Batu memiliki ciri-ciri yang unik dan menarik perhatian. Secara umum, bonsai jenis ini terdiri atas dua elemen utama, yaitu batu dan “planted rock”. “Planted rock” atau batuan yang ditumbuhi tanaman ini memiliki akar yang membentuk landasan dan diyakini sebagai simbol keselarasan dan kestabilan dalam tradisi Jepang. Bonsai di atas batu ini biasanya mempunyai bentuk atau rupa yang berbeda-beda, tergantung pada batu yang dipilih

Peluang Bisnis dan Harga

Jenis bonsai ini memiliki harga yang beragam. Harga bonsai di atas batu biasanya lebih mahal dari bonsai regular karena harganya dipengaruhi oleh proses pembentukannya yang lebih rumit dan waktu yang dibutuhkan untuk merawatnya. Harga bonsai di atas batu adalah sekitar Rp 500,000 hingga Rp 15,000,000 tergantung pada kualitas dan ukurannya.Peluang bisnis bonsai di atas batu cukup menjanjikan karena permintaannya yang cukup tinggi. Para ahli bonsai di Jepang dan negara-negara Asia lainnya dapat membuka bisnis bonsai di atas batu yang menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Perawatan

Perawatan bonsai di atas batu tidak terlalu sulit, tetapi memerlukan pemahaman yang baik tentang tanaman. Seperti halnya dengan bonsai pada umumnya, perawatan bonsai di atas batu membutuhkan pemangkasan, penyiraman, dan pemupukan secara teratur. Kunci sukses merawat bonsai di atas batu adalah memperhatikan kebutuhan tanaman serta bulir-bulir batu yang menyimpan air agar tetap lembab.

Kesimpulan

Bonsai Diatas Batu merupakan jenis bonsai yang menarik dan unik. Jenis bonsai ini terdiri atas batu dan “planted rock” yang tergantung pada batu yang dipilih. Peluang bisnis dan harga bonsai di atas batu mempunyai nilai yang tinggi karena permintaannya yang cukup besar. Perawatan bonsai di atas batu relatif mudah, namun memerlukan pemahaman yang baik tentang tanaman.

Sampai Jumpa Lagi!

Setelah membaca tentang “Bonsai Diatas Batu”, semoga kamu bisa mendapatkan pengetahuan baru yang menginspirasi. Jangan lupa untuk mengunjungi kembali situs kami agar tetap mengetahui informasi menarik lainnya. Terimakasih sudah membaca! Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya!