Ekormurai.com – Bonsai anting putri, atau dalam bahasa Jepang disebut “anting putri”, adalah salah satu jenis bonsai yang populer di Indonesia. Tanaman bonsai ini memiliki percabangan yang halus dan kebanyakan dipotong-potong untuk mencapai konfigurasi yang indah. Harga dari bonsai anting putri sangat bervariasi tergantung pada usia dan ukuran pot serta keindahan dan gaya dari bonsai itu sendiri. Barangkali, bagi pecinta tanaman bonsai, bonsai anting putri adalah salah satu yang mereka mimpikan untuk mempercantik sudut-sudut kebun atau ruang tamu mereka.

Harga Bonsai Anting Putri

Bonsai anting putri merupakan jenis bonsai yang mulai populer belakangan ini. Berbeda dengan bonsai pada umumnya, bonsai anting putri memiliki ciri khas yaitu tumbuh pada batang tanaman anting-anting. Di Indonesia, bonsai anting putri bisa ditemukan di beberapa daerah terutama di daerah Jawa Tengah. Berikut adalah penjelasan mengenai harga bonsai anting putri.

1. Harga Bonsai Anting Putri di Toko Bonsai

Toko bonsai menjadi salah satu tempat yang dapat diandalkan untuk membeli bonsai anting putri. Harga bonsai anting putri di toko bonsai biasanya bervariasi tergantung dari ukuran dan usia pohon bonsai tersebut. Harga bonsai anting putri yang masih kecil dengan ukuran sekitar 15 – 30 cm berkisar antara 150 ribu hingga 300 ribu rupiah. Sedangkan bonsai anting putri yang lebih besar memiliki harga lebih tinggi mulai dari 500 ribu hingga jutaan rupiah.

2. Harga Bonsai Anting Putri di Pasar Online

Selain di toko bonsai, bonsai anting putri juga bisa ditemukan di pasar online seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lain sebagainya. Harga bonsai anting putri di pasar online biasanya lebih murah dibandingkan di toko bonsai. Bonsai anting putri dengan ukuran 15 – 30 cm dapat ditemukan dengan harga sekitar 100 ribu hingga 250 ribu rupiah. Sedangkan bonsai anting putri yang lebih besar memiliki harga mulai dari 500 ribu hingga jutaan rupiah.

3. Faktor yang Mempengaruhi Harga Bonsai Anting Putri

Beberapa faktor yang mempengaruhi harga bonsai anting putri antara lain usia pohon, ukuran bonsai, dan keindahan penampilan pohon bonsai tersebut. Bonsai anting putri yang usianya sudah tua tentu memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan bonsai yang masih muda. Sedangkan bonsai anting putri dengan ukuran yang besar akan memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan bonsai yang masih kecil.

4. Perawatan Bonsai Anting Putri

Setelah membeli bonsai anting putri, perawatan bonsai harus diperhatikan agar pohon bonsai tersebut tetap sehat dan tumbuh dengan baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan bonsai anting putri antara lain penyiraman yang cukup, pemupukan yang sesuai, pemangkasan yang tepat, dan menjaga kelembaban tanah.

5. Keindahan Bonsai Anting Putri

Seperti halnya bonsai pada umumnya, bonsai anting putri memiliki keindahan sendiri yang dapat meningkatkan nilai jual dari pohon bonsai tersebut. Bentuk dan warna batang serta daun bonsai anting putri yang unik membuatnya menjadi bonsai yang menarik untuk dijadikan koleksi.
Bonsai Anting Putri

Harga Bonsai Anting Putri

Asal Usul dan Penyebaran Bonsai Anting Putri

Bonsai Anting Putri merupakan salah satu spesies bonsai yang berasal dari negara Jepang. Nama latin dari spesies ini adalah Podocarpus Macrophyllus. Anting Putri berasal dari bahasa Jepang, yakni Mame-yarou, yang berarti anak kecil dengan kacang kedelai. Jenis bonsai ini dikenal dengan marga zokusei, yaitu jenis bonsai yang tumbuh secara alami di hutan. Bonsai Anting Putri tersebar luas di Asia Timur, khususnya China, Jepang, dan Korea.

Ciri-ciri Bonsai Anting Putri

Bonsai Anting Putri memiliki bentuk daun yang tajam seperti jarum, sehingga populer dengan sebutan jarum cemara. Bentuknya yang menyerupai pohon cemara membuat Bonsai Anting Putri banyak diminati para pecinta bonsai. Bonsai ini memiliki cabang-cabang yang membulat dan menjuntai dari batang utama, membuatnya terlihat cantik dan indah. Selain itu, bonsai ini juga memiliki biji yang bisa dimakan, meski hanya sedikit orang yang mengonsumsinya.

Harga Bonsai Anting Putri

Bonsai Anting Putri termasuk jenis bonsai yang termahal dan cukup sulit ditemukan. Harga untuk sebuah Bonsai Anting Putri dapat mencapai ratusan hingga ribuan dollar. Harga tersebut tentu sangat mahal untuk ukuran sebuah tanaman mini, namun hal ini bukan menjadi masalah bagi para pecinta bonsai yang mencintai keindahan tanaman ini.

Cara Menanam Bonsai Anting Putri

Bonsai Anting Putri termasuk jenis bonsai yang cukup sulit untuk ditanam. Hal ini disebabkan oleh ciri-ciri bonsai ini yang tumbuh secara alami di hutan dan membutuhkan perawatan khusus. Untuk menanam Bonsai Anting Putri, batang yang hendak dijadikan bonsai harus dipotong dan dibiarkan tumbuh di pot. Penempatan pot harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan di sekitar rumah, agar tanaman tersebut mendapatkan sinar matahari yang cukup. Proses penanaman Bonsai Anting Putri memang cukup sulit, namun apabila berhasil tumbuh, tanaman ini akan menjadi pemandangan yang menakjubkan di taman rumah.

Keindahan Bonsai Anting Putri

Bonsai Anting Putri dikenal sebagai bonsai dengan keindahan yang luar biasa. Bentuknya yang menyerupai pohon cemara membuat Bonsai Anting Putri menjadi salah satu spesies bonsai yang paling diincar. Selain itu, campuran warna hijau tua dan emas membuat Bonsai Anting Putri terlihat cantik dan menakjubkan. Tanaman ini juga memiliki batang dan ranting yang menjuntai dari batang utama, sehingga bentuknya terlihat unik dan menarik.

Kesimpulan

Bonsai Anting Putri merupakan salah satu spesies bonsai yang berasal dari Jepang. Jenis bonsai ini termasuk bonsai yang cukup sulit untuk ditanam dan membutuhkan perawatan khusus. Namun, keindahan dan ciri-cirinya yang unik membuat harga bonsai ini sangat mahal. Bagi pecinta bonsai, keindahan Bonsai Anting Putri tentu layak dijadikan koleksi di rumah.

Terima Kasih Sudah Membaca Tentang Harga Bonsai Anting Putri

Sekian ulasan singkat mengenai harga bonsai anting putri yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam memilih bonsai yang sesuai dengan keinginan dan mempercantik rumah Anda. Jangan ragu untuk mengunjungi kami lagi di artikel selanjutnya yang membahas tentang dunia bonsai. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca, sampai jumpa lagi!